Kandungan Gizi Dan Manfaat Susu Unta Layak Dikatakan Superfood

Unta adalah salah satu hewan khas dari daerah Timur Tengah.

Selain menghasilkan daging dan dimanfaatkan tenaganya, unta juga bisa diperah susunya.
Manfaat susu unta, susu unta adalah superfood
Susu unta
Sumber gambar: www.konfrontasi.com

Bagi masyarakat Indonesia mungkin susu unta masih sangat asing, dikarenakan di negeri ini mungkin belum ada yang menjadi ternak unta.

Tapi di Timur Tengah, susu unta sangat terkenal dan sering dikonsumsi warga. Karena susu unta dipercaya bisa dijadikan obat dan baik bagi kesehatan.

Kandungan gizi dan manfaat di dalam susu unta

Susu unta selama ini dikonsumsi secara luas di hampir seluruh negara Arab, susu ini memiliki rasa yang sedikit lebih asin dibandingkan susu lainnya dan seringkali diproduksi sebagai keju.

Susu unta ini juga diklaim dapat menyembuhkan alergi makanan, inflamasi dan masalah usus.

Juga mampu mengatasi jerawat dan membuat kulit wajah halus. Dalam susu unta juga terdapat insulin yang baik untuk diabetes.

Selain itu, ternyata susu unta memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dari susu sapi.

Karena kandungan gizi yang ada dalam susu unta tersebut, maka susu unta dikenal sebagai 'superfood'.

Organisasi PBB yang menangani masalah pangan (Food and Agriculture Organisation/FAO) menuturkan susu unta diketahui kaya akan vitamin B, C dan memiliki kandungan zat besi 10 kali lebih banyak dibanding dengan susu sapi.

Menurut studi ilmiah juga, susu unta memiliki kandungan kalium, magnesium, zat besi, tembaga, mangan, sodium dan zinc lebih tinggi dibanding susu sapi.

Kolesterol dalam susu unta juga lebih rendah dari susu sapi atau kambing.

Susu unta mengandung vitamin C tiga kali lipat dibanding susu sapi dan kandungan zat besi 10 kali lebih tinggi.

Susu ini tinggi asam lemak tak jenuh dan vitamin B. Dibanding susu sapi, susu unta mengandung lemak dan protein lebih banyak.

Selain kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, penelitian telah menunjukkan bahwa antibodi yang terkandung dalam susu unta diduga bisa membantu melawan penyakit kanker, HIV, AIDS, Alzheimer dan hepatitis C.

Selain itu, susu unta memiliki kelebihan lain yaitu tidak mengandung dua alergen kuat yang selama ini ditemukan dalam susu sapi, serta memiliki komponen sistem kekebalan tubuh yang mungkin memberikan manfaat bagi anak-anak yang alergi terhadap susu dan makanan lain.

Komponen sistem kekebalan yang potensial dalam susu unta diperkirakan bisa membantu memerangi beberapa penyakit.

Para peneliti menduga ukuran kecil dari imunoglobulin atau antibodi yang ditemukan dalam susu unta memungkinnya untuk lebih mudah menargetkan zat asing penyebab penyakit (antigen) yang merusak sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dr Reuven Yagil, seorang ahli fisiologi dari Israel yang melakukan penelitian selama 5 tahun menuturkan susu unta ini bisa mengatasi gangguan autoimun yang menekan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi, karena bukti ilmiah yang ada saat ini belum cukup untuk membuktikan efektivitas dari susu unta dalam pengobatan penyakit autoimun.

Peternakan unta di Amerika

Karena melihat banyak manfaat dari susu unta ini, di Amerika kini semakin banyak peternakan unta.

Beberapa peternakan yang memiliki pembiakan unta mengadopsi program pemerahan susu unta.

Negara bagian Indiana, Michigan, Missouri, North Carolina, Ohio, Oklahoma dan Pennyslvania telah menjalankan program tersebut.

Program susu unta baru juga akan dibuka di Florida, Georgia, Idaho, Louisiana, Tennessee, Texas serta Virginia. Kini terdapat 5.000 populasi unta di Amerika Serikat.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang manfaat dan kandungan gizi yang terdapat dalam susu unta yang Nyobi Resep ambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.

Sumber:
detik food (detik.com)
detik health

0 Response to "Kandungan Gizi Dan Manfaat Susu Unta Layak Dikatakan Superfood"

Post a Comment