8 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Dan Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Sudah menjadi masalah umum, utamanya bagi para remaja saat menemukan jerawat di wajahnya.

Jerawat bisa menjadi penggangu penampilan apalagi jika jerawat penuh di wajah.
Makanan penyebab timbulnya jerawat dan cara mengobati jerawat secara alami
Makanan penyebab timbulnya jerawat
Gambar: cdn.innovativelanguage.com

Hal ini bisa membuat minder dan kurang pede karena banyaknya benjolan-benjolan kecil memenuhi wajah.

Meski sampai saat ini belum ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab munculnya jerawat, namun ada beberapa faktor yang diduga bisa memicu timbulnya jerawat, seperti hormon, stres dan makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang diduga memicu timbulnya jerawat.

Dan dalam studi pada 2002 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology menunjukkan bukti kuat, makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat.

Teorinya, karbohidrat olahan menyebabkan peningkatan produksi sebum dan tersumbatnya pori-pori.

8 Jenis makanan penyebab timbulnya jerawat

Nah, ingin tahu makanan apa saja yang mempengaruhi jerawat? Inilah ulasannya yang Nyobi Resep ambil dari Liputan6 yang dikutip dari Onlymyhealth.

1. Cokelat
Cokelat adalah makanan tinggi gula yang dapat meningkatkan produksi sebum dan merespon inflamasi dalam tubuh sehingga merangsang munculnya jerawat.

2. Makanan pedas
Makanan yang terlalu banyak rempah-rempah terutama cabai juga dapat mempengaruhi kondisi kulit.

3. Keju
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology pada 2005 ditemukan, pola makan 47.355 wanita yang cenderung mengonsumsi produk susu dan olahannya seperti keju. Hasilnya mengejutkan, sebagian dari mereka mengalami jerawat.

4. Kacang-kacangan
Produk-produk kacang dan olahannya juga memicu timbulnya jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang namun kacang-kacang dapat merangsang produksi minyak berlebih sehingga muncul jerawat.

5. Sushi
Terkejut? Ya, sushi mengandung cukup iodida yang menyebabkan jerawat.

6. Susu
Sebuah studi yang melibatkan 4.273 remaja laki-laki menemukan hubungan antara susu dan jerawat. Susu diklaim mengandung kadar tinggi hormon yang dapat memperbanyak kelenjar minyak.

7. Kentang goreng
Kentang goreng merupakan karbohidrat olahan yang perlu Anda pertimbangkan bila tak ingin berjerawat.

8. Soda
Soda sarat dengan gula dan memiliki glikemik tinggi yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan lemak. Untuk melawan lonjakan gula darah, tubuh maka akan menghasilkan lebih banyak insulin dan testosteron sehingga memicu peradangan kulit dan tersumbatnya pori-pori.

Sumber: Liputan6

Cara alami menghilangkan jerawat

Jika anda memiliki banyak jerawar di wajah, mungkin pengobatan alami bisa menjadi alternatif pengobatan yang aman tanpa efek samping.
Cara mencegah jerawat secara alami
Cara menghilangkan jerawat secara alami
Gambar: www.byejerawat.com

Berikut adalah cara alami menghilangkan jerawat pada wajah yang Nyobi Resep ambil dari Republika yang dikutip dari Womanitely sehingga Anda akan tampak lebih percaya diri ketika menjalankan aktifitas sehari-hari.

Madu dan Lemon
Obat yang paling efektif dan alami adalah madu dan lemon. Ini adalah cara terbaik untuk melembabkan kulit yang kering.

Anda cukup mengambil sepotong lemon, mengoleskannya dengan madu dan menaruhnya pada wajah.

Uap
Uap adalah salah satu cara terbaik untuk melawan jerawat. Setiap kali Anda pergi ke salon-salon spa, Anda mendapatkan kesempatan untuk menarik racun keluar dari kulit halus Anda. Kabar baik adalah mungkin bisa melakukan cara penyembuhan ini hanya di rumah.

Untuk mengintensifkan tindakan, Anda dapat menambahkan minyak esensial pada wajah.

Es
Es salah satu cara terbaik dalam penyembuhan jerawat. Sangat mudah untuk dilakukan, hanya menaruhnya dalam plastik dan tempelkan pada wajah Anda yang timbul jerawat selama beberapa menit.

Es membuat pori-pori terbuka, mengurangi dan mencegah kulit dari infeksi bakteri. Es juga dapat membantu mengurangi bintik merah di wajah dan pembengkakan pada kulit.

Masker Tanah Liat
Masker tanah liat alami untuk membersihkan dan membuang racun yang ada di kulit wajah. Masker tanah liat memiliki khasiat sama dengan uap. Masker tersebut memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah memerangi jerawat.

Sumber: Republika

Itulah sedikit info yang bisa Nyobi Resep sajikan untuk pembaca setia blog ini yang diambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.

Comments